cover
Contact Name
Khaeroni
Contact Email
khaeroni@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
gut.windarsih@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
ISSN : 20861362     EISSN : 26232685     DOI : -
Core Subject : Education,
ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April 2014.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017" : 10 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Tentang Pemilu Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Penggunaan Media Dan Metode Yang Bervariasi Yaman Setiaman
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.944 KB) | DOI: 10.32678/primary.v9i02.423

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media dan metode yang bervariasi pada pembelajaran PKn di Kelas VI SD serta bagaimana peningkatan kemampunan pemahaman siswa yang terjadi setelah tindakan diberikan, khususnya tentang pemilu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus. Desain PTK yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc. Taggart, di mana pelaksanaan pengamatan dilakukan bersamaan dengan pemberian tindakan saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman siswa tentang pemilu dengan penggunaan media dan metode yang bervariasi pada pembelajaran PKn.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Melalui Metode Eksperimen Fitriah Fitriah; Wida Rachmiati
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.329 KB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA di kelas V SDN Gunung Cupu 1 masih menggunakan model konvensional, sehingga dalam proses pembelajarannya hanya berjalan satu arah, dan menyebabkan hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran salah satunya melalui Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, penerapan metode eksperimen sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam metode eksperimen yang dilakukan dengan baik. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai dari setiap siklus. Pada tahap siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 29,16%. Dan pada tahap siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 75%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pada pokok bahasan cahaya dan sifatnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Implementasi e-Learning Berbasis eFront pada Mata Kuliah Statistika Dasar di IAIN SMH Banten Eko Wahyu Wibowo
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.571 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi e-learning berbasis eFront pada mata kuliah Statistika Dasar di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI semester V IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang mengambil mata kuliah Statistika Dasar. Sampel diambil secara acak berjumlah 78 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi elearning berbasis eFront pada Mata Kuliah Statistika Dasar secara umum dianggap layak dan penting digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran.
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri Imas Masturoh; Khaeroni Khaeroni
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.42 KB) | DOI: 10.32678/primary.v9i02.425

Abstract

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika merupakan upaya menjembatani pola berpikir siswa tingkat SD/MI yang masih dalam tahap konkret dengan objek kajian matematika yang bersifat abstrak. Pokok bahasan geometri merupakan salah satu contoh objek kajian matematika yang notabene abstrak. Seringkali pembelajaran geometri di SD/MI dilakukan dengan menggunakan gambar baik dengan menunjukkan gambar yang sudah ada atau menggambar ulang. Akan tetapi pembelajaran geometri dengan cara demikian ternyata tidak cukup efektif bagi siswa tingkat SD/MI karena menganggap gambar sebagai bentuk semi konkret. Oleh karena itu, diperlukan alat peraga yang dapat menjembatani perbedaan tersebut. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah geoboard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga geoboard yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri di Kelas IV SDN Rawa Kidang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dan desain penelitian one group design. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test yangsebelumnya telah diketahui normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga geoboard memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Quick On The Draw Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Rumusnya Tini Setiawati; Fitri Hilmiyati
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.94 KB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah hasil belajar masih cukup rendah dan aktivitas siswa menunjukan ketidaktertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika karena minimnya media dan pemahaman terhadap strategi atau model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka salah satunya adalah dengan penggunaan metode quick on the draw. Sehingga diharapkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dapat meningkat.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I; hasil belajar siswa yang sudah mencapai nilai dikatakan tuntas belajarnya berjumlah 17 siswa dari 27 siswa dengan nilai ratarata 65,00, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang sudah dikatakan tuntas belajarnya berjumlah 25 siswa dari 27 siswa dengan nilai rata-rata mencapai 78,88. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66,88%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus II mencapai 94,11%. Hal ini menunjukan kecapaian pembelajaran di atas indikator keberhasilan yang ditetapkan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi matematika kelas V.
Pengaruh Penggunaan Strategi Hollywood Squares Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda Haifatunnisa, Haifatunnisa; Akrom, Akrom
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.889 KB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari peran guru yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Permasalahan yang terjadi sekarang ini adalah kurang maksimalnya dalam menerapakan strategi pembelajaran tertentu. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Penggunaan sumber belajar yang tidak efektif, materi pendidikan IPS hanya dikembangkan atas acuan apa yang terdapat di dalam buku teks, kurangnya pemanfaatan lingkungan sekitar anak dan pengalaman keseharian siswa dalam proses pembelajaran, serta penggunaan model atau strategi mengajar yang kurang mengarah kepada berpikir kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Hollywood Squares terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Berdasarkan hasil analisis, tingkat penggunaan Strategi Hollywood Squares dengan langkah pertama dalam pengambilan data adalah melakukan tes awal (pretest). Setelah dilakukan tes awal, langkah selanjutnya yaitu memberikan perlakuan (treatment). Setelah perlakuan selesai dilakukan, selanjutnya dilakukan tes akhir (posttest), dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,59 sedangkan hasil belajar post test sebesar 77,30. Hasil uji statistik dengan menggunakan Paired Sample Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi Hollywood Squares dalam meningkatkan hasil belajar untuk mata pelajaran IPS pada siswa kelas V.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probing- Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siti Nur Qira’atul Fauziah; Mansur Mansur
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.13 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Probing-prompting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran probing-prompting mempunyai pengaruh dan lebih baik dari siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran tersebut. Hal ini berdasarkan hasil dari data post test kelas eksperimen 62,16 dan hasil post test kelas kontrol 52,32. Dan untuk hasil sikap siswa terhadappembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran probing-prompting menunjukkan antusias. Hal ini berdasarkan hasil dari lembar observasi yang digunakan saat proses pembelajaran berlangsung.
PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP PRESTASI MEMBACA DAN MENULIS SISWA Hani Tuty Alawiyah; Siti Ngaisah
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v9i2.2986

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen dengan Metode Struktural Analitik Sintetik terhadap prestasi membaca dan menulis siswa kelas MIN 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan tehnik pengumpulan data wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Mann Withney pada posttest penerapan metode Structural Analitik Sintetik adalah tidak signifikan. Hal ini berarti metode Structural Analitik Sintetik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar membaca dan menulis siswa. Hasil akhir dari hasil posttest setelah perlakuan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 77,73 > 68,00, maka rata-rata hasil keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa dengan penerapkan metode Structural Analitik Sintetik lebih tinggi dari pembelajaran metode konvensional, walaupun nilai rata-rata tinggi tetapi tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi membaca dan menulis dalam menggunakan metode Structural Analitik Sintetik tidak berpengaruh.
Pengaruh Penggunaan Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Bahjatun Nisa; Sabri Sabri
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v9i2.2987

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS, diantaranya adalah siswa cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung, kemampuan siswa dalam menghafal relatif rendah, perhatian siswa terhadap materi masih kurang. Pada pencapaian kompetensi terpadu memiliki perumusan di antaranya menuntut pendekatan pembelajaran terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema-tema kehidupan yang dijumpai peserta didik sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat penerapan metode scramble pada mata pelajaran IPS adalah baik 2) tingkat hasil belajar kelas kontrol sebelum pembelajaran 58,54 dan sesudah pembelajaran 63,333) tingkat hasil belajar kelas eksperimen sebelum pembelajaran 63,80 dan sesudah pembelajaran 75,43 4) terdapat pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa penerapan metode scramble mampu mewujudkan kondisi belajar yang dinamis, kreatif dan mandiri.
Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Unsur Dan Sifat Bangun Fera Nur Fauziyyah; Juhri Juhri
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v9i2.2988

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif ceria dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan unsur dan sifat bangun datar di kelas II SD/MI. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall dengan 7 langkah, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk atau desain produk, uji validitas, perbaikan desain, uji coba produk, dan penyempurnaan produk akhir, yang melibatkan 32 peserta didik sebagai partisipan dan para ahli (guru dan ahli media) untuk menilai kelayakan media. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu kuantitatif dan kualitatif, melalui observasi, instrument angket, catatan deskriptif, dan tes latihan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif ceria dinyatakan layak dengan presentase 92,31% yang menunjukan klasifikasi sangat baik dari penilaian uji kelayakan pengguna oleh ahli media dan guru. Serta hasil ketercapaian tujuan pembelajaran yang menunjukkan presentase 84,38% termasuk klasifikasi baik karena rata-rata hasil tersebut mencapai nilai KKM yang telah ditentukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10